Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Ayat Wajib Bakti Kepada Orang Tua Dalam Al Qur'an (2)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Ayat tentang anak soleh
Hari ini bertepatan dengan Hari Ibu Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Desember. Saat terbaik untuk mengingat agungnya jasa seorang Ibu yang telah melahirkan, mendidik dan membesarkan kita.

Bahkan seluruh duniapun untuk mengingat besarnya jasa seorang Ibu memperingatinya setiap tanggal 10 Mei setiap tahunnya, yang dikenal oleh kita dengan istilah Mother's Day.

Hari Ibu hanya sebagai pengingat saja, karena sudah menjadi kewajiban kita untuk hormat, patuh dan berbakti pada kedua orang tua itu dalam setiap saat, bukan hanya pada tanggal di atas saja.

Suatu saat Nabi Muhammad SAW ditanya:

يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ (البخاري و مسلم)

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, "Seseorang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, 'Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?' Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Dan orang tersebut kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi?' Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Ibumu'. Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi, 'Nabi shalallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Kemudian ayahmu" (HR. Bukhari dan Muslim: 5971).

Simak juga: 2 Ayat Wajib Bakti Kepada Orang Tua Dalam Al Qur'an (1)

Firman Allah SWT dalam Al Qur'an, tentang wajibnya berbakti pada orang tua, diantaranya:

1. Al Qur'an Surat Al Isra Ayat 24 

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik".

Surat Al Isra Ayat 14
Surat Al Isra

2. Al Qur'an Surat Luqman Ayat 14

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ 

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu".  

Al Qur'an Surat Luqman Ayat 14
Surat Luqman
Simak juga: 
 
Semoga bermanfaat, terima kasih
Wassalamu'alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh