Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Hidup Bahagia Disampaikan Oleh KH. Ubaidillah

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

KH. Ubaidillah
Alhamdulillah, Syiar Islami Bandung diberikan kepercayaan kembali untuk meliput dan mendokumentasikan acara yang diselenggarakan oleh Mudaris dan DKM Darussalam Taman Cibaduyut Indah Blok GC, RT. 02 RW. 15 Cangkuang Kulon Kec. Dayeuhkolot Kab. Bandung.

Pada kesempatan ini Syiar Islami Bandung meliput acara sekaligus menyimak ceramah yang disampaikan Al-Mukarram KH. Ubaidillah dalam cara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan pada hari Ahad, 22 Rabiul Awwal 1442 Hijriyah atau bertepatan dengan hari Ahad, 8 Nopember 2020 Masehi.

KH. Ubaidillah menyampaikan ceramah Bahasa Sunda tentang makna Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan cara dan gaya khasnya ditambah bumbu ceramah lucu sebagai metoda Dakwahnya, sehingga cukup efektif memancing gelak tawa jama’ah yang hadir sehingga tidak menjenuhkan.

Dalam ceramahnya beliau menyampaikan tentang syarat “Hidup Bahagia”, sesuai dalam Al Qur’an surat Yunus ayat 58. Jika kita ingin hidup bahagia harus bisa mensyukuri terhadap Karunia dan Rahmat yang sangat besar yaitu dengan lahirnya Baginda Nabi Muhammad SAW.

Al Qur’an Surat Yunus Ayat 58

 ُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ 

Artinya: Katakanlah (Muhammad), “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan.”

Menarik untuk disimak: KH. Ahmad Salimul Apip di Taman Cibaduyut Indah Bandung

Tafsir QS. Yunus/10: 58

Tafsir Ringkas Kemenag: Katakanlah wahai Nabi Muhammad kepada manusia "Dengan karunia Allah berupa agama Islam dan rahmat-Nya, yakni Al-Qur'an, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia dan rahmat Allah itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan berupa harta dan kemewahan duniawi."

Tafsir Al-Jalalain: (Katakanlah, "Dengan karunia Allah) yaitu agama Islam (dan rahmat-Nya) yaitu Alquran (maka dengan hal itu) dengan karunia dan rahmat tersebut (hendaklah mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan.") yaitu berupa duniawi. Lafal yajma'uuna dapat dibaca tajma'uuna.

Tafsir Quraish Shihab: Wahai Rasulullah, katakanlah kepada mereka, "Bergembiralah atas rahmat dan karunia Allah kepada kalian dengan diturunkannya al-Qur'ân dan dijelaskannya syariat Islam. Sungguh hal ini adalah lebih baik dari seluruh kesenangan dunia yang dapat dikumpulkan manusia. Karena ia merupakan santapan rohani dan penyembuh segala penyakit hati."

Hasil liputan berupa file video dan foto telah kami berikan kepada panitia penyelenggara dan guna upaya membantu Syiar Islam, telah kami tayangkan pula di channel Youtube Syiar Islami Bandung.

Simak juga:
-KH. Asep Totoh Godzali di PONPES Barqoh Bekasi
-KH. Asep Totoh Godzali di Balaraja Tangerang Banten 

Bagian 1

KH. Ubaidillah

Bagian 2 

KH. Ubaidillah

 Dan bagi saudara muslimin dan muslimat dimanapun berada, jika saudara ingin mendonasikan sebagian rezekina guna pembangunan Masjid Darussalam Taman Cibaduyut Indah bisa dikirim melalui nomor rekening yang ada di running text. Semoga menjadi Amal Jariyah yang diridhoi Allah SWT, Amin ya rabbal ‘alamin.

Wassalamu'alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh.