Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Do'a Orang Teraniaya Arab latin Terjemah Bahasa Sunda & Indonesia (1)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Simawar Photography
Ini mengingatkan penulis tentang pentingnya menjauhi segala perbuatan zalim (ظلم, Dzholim-aniaya), karena dalam Al Qur'an menerangkan tentang besarnya dosa perbuatan ini.

Kadang-kadang mungkin kita merasa menjadi orang terzalimi (korban), atau bahkan merasa tidak pernah menzalimi orang lain (pelaku). Disini pentingnya introspeksi diri (Muhasabah), semoga kita tidak berlaku zalim terhadap orang lain dan dijauhkan dari perbuatan zalim orang lain.

Menarik untuk disimak:
- Ceramah pra nikah di Rancakalong Sumedang

Zalim atau dalam bahasa Sunda menyebutnya dengan Dolim adalah meletakan segala sesuatu atau perbuatan bukan pada tempat semestinya, atau lawan dari perbuatan adil. Dan bagaimana jika kita dizalimi?

2 Do'a orang terzalimi arab latin

1. Al Qur'an Surat Al-A'raf Ayat 47

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ
Rabbana la taj'alna ma'al qaumiz zalimin

Arti bahasa Sunda: "Duh, Gusti Pangéran abdi sadaya ! Mugi Gusti henteu ngalebetkeun abdi sadaya kana golongan anu darolim."

Arti bahasa Indonesia: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang zalim itu."

Al Qur'an Surat Al A'raf Ayat 47
Surat Al A'raf/7

 2. Al Qur'an Surat Yunus Ayat 85 & 86

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ - ٨٥  وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ - ٨٦
Rabbana la taj'alna fitnatal lil qaumiz zalimin; wa najjina birahmatika minal qaumil kafirin.

Arti bahasa Sunda: "Nun, Gusti Pangeran abdi sadaya, mugi Gusti henteu ngajantenkeun abdi sadaya jadi wadal pitenah kaom anu darolim; Sareng mugi Gusti ngajaring abdi sadaya ku rahmat Gusti tina (kajahatan) kaom kapirin."

Arti bahasa Indonesia: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari orang-orang kafir." 

Al Qur'an Surat Yunus
Surat Yunus/10
Semoga kita dijauhkan dari segala perbuatan zalim, baik zalim pada diri sendiri, zalim pada orang lain ataupun dizalimi orang lain. Amin ya rabbal 'alamin.
Wassalamu'alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh 

Sumber terjemah: Al Qur'an Tarjamah Sunda Al-Amin. Karya: KH. Qamaruddin Shaleh, H.A.A Dahlan, Yus Rasamsi.